Mengenal Apa Itu Kaca Tempered - Ferreiramelocosta.com

Ferreiramelocosta.com

Blog Feri

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Mengenal Apa Itu Kaca Tempered

Share This

 

Kaca Tempered

Kaca tempered tahan suhu hingga 250 °C, mengapa kaca tempered termasuk sebagai kaca pengaman? Selain tahan terhadap beban angin, tekanan air, benturan dan perubahan suhu tinggi (thermal shock), kaca tempered lebih aman karena jika pecah menjadi partikel butiran yang halus.


Apa Itu Kaca Tempered?

Kaca tempered adalah pembentukan dan penerapan bending kaca tempered. Karena faktor ini, kaca tempered sangat cocok untuk diaplikasikan sebagai kanopi atau pagar plakon. Kaca ini sangat awet karena telah mengalami proses penguatan sehingga sulit pecah dan tergores. Kaca tempered adalah jenis kaca pengaman yang diperlakukan dengan panas terkontrol atau bahan kimia untuk meningkatkan kekuatannya dibandingkan dengan kaca biasa. 


Kaca tempered diperlakukan dengan tekanan yang sama pada kaca untuk menghasilkan kaca yang lebih kuat dari kaca biasa. Kaca tempered terbuat dari silika, campuran batu pasir dengan fluks yang menghasilkan viskositas dan titik leleh rendah, yang kemudian dicampur kembali dengan bahan stabilisator. Kaca tempered merupakan jenis kaca yang dibuat dengan suhu 700 derajat Celcius. 


Kaca tempered adalah kaca yang ditempa dengan cara memanaskan kaca biasa hingga suhu sekitar 700°C. Setelah kaca dipanaskan, proses selanjutnya adalah membuat kaca yang didinginkan secara mendadak dengan cara menyemprotkan udara secara merata pada kedua permukaan kaca. Banyak juga fasilitas transportasi umum seperti bus yang menggunakan tempered glass.


Keunggulan Kaca Tempered

Dari luar, kaca jenis ini sama dengan kaca biasa karena warnanya bening tanpa polesan. Kaca tempered merupakan salah satu jenis kaca yang kuat, jadi apa kelebihan kaca tempered dan berapa harga kaca tempered? Keistimewaan dari kaca tempered yaitu transparan tetapi memiliki banyak pilihan warna, memiliki kemampuan menyerap sebagian panas matahari, mengurangi silau, tidak terlalu tembus.


Dari proses inilah terjadi perubahan fisika pada kaca yaitu perubahan gaya tekan. Meskipun kaca tempered termasuk dalam kategori yang sama dengan kaca laminasi, namun ada perbedaan mendasar antara kedua jenis kaca tersebut baik dari segi daya tahan maupun kegunaannya.


Kaca tempered adalah jenis kaca yang memiliki kekuatan yang sangat tinggi dibandingkan dengan kaca biasa. Karena prinsip dari kaca laminasi adalah menggabungkan 2 kaca menjadi 1 dengan bahan yang menjadi film interlayer. 


Faktor keamanan yang menjadi faktor utama kaca lebih berkaitan dengan mencegah atau melindungi kaca dari jatuh dan pecahnya kaca di lantai. Dari segi harga kaca biasanya jauh lebih terjangkau, tergantung pesanan. Kaca tempered bending memiliki radius minimal 2.000 mm dengan ukuran minimal adalah 600 mm x 1.000 mm dan dengan ukuran maksimal 2.000 mm x 3.000 mm.


Namun, tentu saja daya tahannya jauh lebih kuat dari kaca biasa. Seperti halnya kaca tempered, kaca biasa dipanaskan pada suhu yang sangat tinggi lalu didinginkan secara tiba-tiba dengan menyemprotkan uap. Kaca tempered adalah jenis kaca yang telah mengalami proses perlakuan panas untuk menghasilkan kaca yang jauh lebih kuat dari kaca biasa. 


Kaca tempered bisa pecah jika ditusuk benda tajam dengan ketebalan 1/6. Kaca tempered dan kaca laminasi adalah 2 jenis kaca yang berbeda tetapi kurang lebih memiliki fungsi yang sama. Kaca berasal dari bahan cair tetapi memiliki kepadatan tinggi dan struktur amorf. 


Kaca temper beberapa kali lebih kuat dari kaca biasa yang telah dipanaskan menjadi 500% lebih kuat dari kaca biasa. Spesialisasi dalam pembuatan semua jenis produk kaca tempered yaitu struktur kaca sangat keras dan tidak mudah pecah meskipun terkena benturan yang kuat. PasangKaca jual kaca tempered terbaik dan juga harga terjangkau di Pasangkaca.com

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages