Cara Kerja, Komplikasi, Resiko, dan Biaya Operasi Penggantian Tulang Pinggul - Ferreiramelocosta.com

Ferreiramelocosta.com

Blog Feri

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Cara Kerja, Komplikasi, Resiko, dan Biaya Operasi Penggantian Tulang Pinggul

Share This

 

Tulang Pinggul

Operasi penggantian pinggul merupakan prosedur pengangkatan sendi pinggul yang sakit diganti dengan sendi implan/buatan. Biasanya, sendi buatan ini terbuat dari logam keras atau plastik. Dalam ilmu medis,operasi ini dinamakan artroplasti. Dengan sendi prostetik baru, fungsi pinggul dapat berfungsi kembali tanpa rasa sakit. Namun, anda harus mempersiapkan biaya operasi penggantian tulang pinggul yang tidak murah.


Cara Kerja Operasi Penggantian Pinggul

Sebelum operasi, dokter bedah ortopedi melakukan pemeriksaan fisik, tes darah, dan rontgen atau MRI. Tujuannya untuk memastikan anda sehat dan mampu menjalani operasi. Ada 2 teknik yang bisa digunakan dalam operasi ini yaitu bedah tradisional dan minimal invasif. Meski berbeda, keduanya memakan waktu cukup lama.


Bedah tradisional memerlukan bius total dan dokter membuat sayatan 8-10cm di sisi pinggul yang terdampak serta menggeser otot dasar supaya panggul bisa terlihat. Tulang paha yang berbentuk seperti bola & struktur rusak lainnya juga diangkat. Kemudian, dokter bedah memasangkan sendi buatan dengan perekat khusus yang membuat struktur baru berpadu dengan tulang paha yang tersisa.


Metode minimal invasif juga menggunakan prosedur yang sama, tapi dengan sayatan yang lebih pendek. Jadi, rasa sakit, jaringan parut, dan darah yang hilang lebih sedikit. Bahkan, pasien tidak harus tinggal di rumah sakit berlama-lama karena proses penyembuhannya lebih cepat.


Komplikasi & Resiko Operasi Penggantian Pinggul

Pasca operasi, kondisi pasien akan terus dipantau guna memastikan tidak munculnya komplikasi. Yang jelas, mobilitas menjadi terbatas dan pasien harus menjalani terapi fisik agar fungsi normalnya pulih kembali.


Beberapa resiko yang mungkin terjadi pasca operasi ini antara lain pembekuan darah, infeksi, pendarahan, fraktur, dislokasi, dan perubahan panjang kaki. 


Meski efektif, operasi ini tidak menjamin membuat sendi pinggul berfungsi normal selamanya. Pasalnya, sendi panggul prostetik dapat aus & longgar dalam beberapa tahun setelah operasi akibat kegiatan sehari-hari & penipisan fisiologis tulang. Jika ini terjadi, dokter bisa merekomendasikan penggantian pinggul kedua (operasi revisi). Yang penting, anda harus tahu biaya operasi ganti sendi panggul dan mempersiapkannya, termasuk biaya lain-lain.


Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages